Siapa yang tidak kenal dengan penyair yang terkenal ini. Yaps, ia adalah Kahlil Gibran merupakan seorang seniman, penyair, dan penulis asal Lebanon dan menghabiskan sebagian besar produktifnya di Amerika Serikat.

Baca selengkapnya: Biografi Kahlil Gibran

Nah di sini saya akan membahas tentang kata-kata bijak Kahlil gibran yang akan mencangkup semuanya. Baik itu tentang kehidupan, tentang cinta, tentang perpisahan, dll.

Kata bijak Kahlil Gibran begitu mendunia. Hal ini dikarenakan karena kesustraannya yang begitu romantis, peninggalan karya-karyanya yang indah ini memang memiliki makna yang begitu menyentuh hati.

Di antara deretan karya Kahlil Gibran, kamu bisa juga menjadikan potongan-potongan kata-kata bijak Kahlil Gibran ini sebagai motivasi hidup.

Berikut adalah kata-kata bijak Kahlil Gibran yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Kata Bijak Tentang Kehidupan

kata bijak kahlil gibran

mygalery

Kahlil Gibran selalu memiliki ciri khas dalam membuat berbagai karya sastra baik itu syair, puisi, buku, maupun drama yang tidak bisa ditiru oleh penyair lainnya.

Nah untuk mengenal lebih jauh lagi tentang kumpulan kata bijak Kahlil Gibran tentang kehidupan, simak ulasan berikut ini.

1. “Banyak hal yang kucintai, tetapi ternyata dibenci orang. Sedangkan hal-hal yang kubenci, ternyata mereka cintai. Hal-hal yang kucintai saat masih kanak-kanak tetap kucintai sampai saat ini. Dan yang kucintai saat ini akan kucintai sampai akhir kehidupan nanti. Sebab menurutku cinta adalah segala yang dapat menghilangkan dariku”.

2. “Keindahan adalah kehidupan itu sendiri saat ia membuka tabir penutup wajahnya. Dan kalian adalah kehidupannya itu, kalianlah cadar itu. Keindahan adalah keabadian yang termangu di depan cermin. Dan kalian adalah keabadian itu, kalianlah cermin itu”.

3. “Arti penting manusia bukan terletak pada apa yang di peroleh, melainkan apa yang sangat ia rindukan untuk diraih”

4. “Kebahagian adalah sebuah kebaikan terdalam yang mengajarkan pada hidup kita sendiri, dan membagi kebahagiaan tersebut dengan orang-orang”.

5. “Kita hanyalah makhluk hidup, partikel-partikel debu yang beterbangan berputar-putar di dalam kehampaan abadi dan tak terhingga. Diri kita hanya untuk menyerah dan patuh. Jika kita mencintai, cinta kita juga tidak berasal dari kita, juga bukan kepunyaan kita. Sekiranya kita bahagia, kebahagiaan kita tidaklah dalam diri kita, tapi dalam kehidupan itu sendiri”.

6. “jauhkan aku dari manusia yang tidak mau menyatakan kebenaran kecuali jika ia berniat menyakiti hati, dan dari manusia yang bersikap baik tapi berniat buruk, dan dari manusia yang mendapatkan penghargaan dengan jalan memperlihatkan kesalahan orang lain.”

7. “Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu. Tetapi marilah kita coba saling bicara, barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jenu”.

8. “Biarlah tetap ada ruang kebersamaanmu dan biarkan angin surga tetap menari di antara kamu. Sayangilah satu sama lain, tetapi jangan membuatnya sebagai ikatan kasih. Biarkan agar menjadi laut yang bergerak diantara pantai jiwamu”.

Kata Bijak Tentang Perpisahan

kata bijak kahlil gibran

mygalery

Perpisahan adalah salah satu konsekuensi dari adanya pertemuan. Meskipun hal itu sudah dipahami, namun banyak sekali yang belum bisa menerima adanya perpisahan setelah terjadinya pertemuan.

Nah berikut ini adalah kumpulan kata bijak tentang perpisahan yang bisa kalian ketahui. Sebagai apresiasi ungkapan perpisahan untuk sahabat dan orang yang anda cintai.

1. “Ketika tiba saatnya perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejahuan. Seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan daratan”.

2. “Seringkali cinta tidak menyadari kedalamannya hingga saat perpisahan tiba”.

3. “Jiwaku menderita karena perpisahan, tetapi kembali terhibur oleh cinta. Tindakan adalah cinta yang ditunjukkan”.

4. “Manusia tidak dapat menuai cinta sampai ia merasakan perpisahan yang menyedihkan. Dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan”.

Kata Bijak Tentang Cinta

kata bijak kahlil gibran

mygalery

Cinta memang amat sangat indah. Bahkan terkadang kata-kata sulit yang dikeluarkan untuk menggambarkan betapa indahnya cinta itu sendiri.

Tetapi bagi Kahlil Gibran sebagai salah satu penyair terbaik yang pernah dimilikinya oleh umat manusia, mampu menepis semua hal tersebut dan membuat banyak sekali puisi maupun kata-kata bijaknya yang bertemakan cinta.

Berikut ini adalah kumpulan kata-kata bijak Kahlil Gibran tentang cinta.

1. “Kuhancurkan tulang-tulangku tetapi aku tidak membuangnya, sampai aku mendengar suara cinta memanggilku dan melihat jiwaku siap untuk berpetualangan”.

2. “Kuingatkan padamu, janganlah bertarung untuk merebut singgasana cinta. Karena cinta dan keindahan selalu akan tunduk dalam damai”.

3. “Dan ketika sayap-sayap cinta menyelubungi dirimu untuk mendekat kepadanya, meskipun mungkin saja pedang yang tersembunyi di balik sayapnya bisa saja melukai dirimu”.

4. “Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati, tetapi kita lari dari padanya dalam ketakutan atau bersembunyi di dalam kegelapa; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya”.

5. “Berikanlah hatimu, tetapi bukan untuk kepemilikan orang lain, karena hanya tangan dari sang Maha Kehidupan lah yang boleh memiliki hatimu. Dan berdirilah berdampingan, tetapi janganlah kalian berdiri berdampingan terlalu dekat.

Karena pilar-pilar dari sebuah bangunan pun berdiri secara terpisah, dan pohon oak dan pohon cemara tidak hidup di bawah bayangan mereka satu sama lainnya, tetapi berdiri tegak secara terpisah”.

6. “Mencintai adalah masalah penting bagi manusia. Bila kita mampu mengurai cinta, maka hakekat cinta akan berubah menjadi sesuatu, itulah kenyataan cinta. Cinta memang tidak mudah untuk dimengerti”

7. “Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati, satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar”.

8.“Aku ingin mencintaimu dengan sederhana. Seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”

9. “Kucintai desa kelahiranku dengan sebagian cintaku untuk negeri. Kucintai negeriku dengan sebagian cintaku untuk bumi”.

11. “Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah mampu direnggut dari manusia yang mencintai”.

Kata Bijak Tentang Sahabat

kata bijak kahlil gibran

mygalery

Sahabat sejati ialah yang sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit ketika mereka datang untuk menolong.

Nah, berikut ini beberapa kata bijak Kahlil Gibran tentang persahabatan. Agar kita nantinya lebih dalam mengenai arti persahabatan dan bisa menghargainya keberadaan seorang sahabat.

1. “Sahabat ialah apa yang dibutuhkan jiwamu, sebagai jawaban untuk jiwamu. Dialah ladang hati yang dengan kasih yang kau taburi, dan kau petik buahnya penuh terima kasih”.

2. “Sahabat adalah naungan sejuk keteduhan hati dan api unggun kehangatan jiwa, karena akan dihampiri kala hati gersang kelaparan dan dicari saat jiwa mendambakan kedamaian”.

3. “Dalam persahabatan yang tanpa kata, segala fikiran, hasrat, dan keinginan terangkum bersama, menyimpan keutuhan dengan kegembiraan tiada terkirakan”.

4. “Ketika ia menyampaikan pendapat, qalbu tak kuasa menghadang dengan bisikan kata tidak’, dan tak pernah khawatir untuk menyembunyikan kata ya’“.

5. “Hanya perlu beberapa menit untuk menghancurkan seseorang, satu jam untuk menyukai seseorang, dan satu hari untuk mencintai seseorang. Tetapi perlu seumur hidup untuk melupakan seseorang”.

6. “Persahabatan adalah masalah tanggung jawab, bukan masalah kesempatan”.

7. “Meskipun dia terdiam, engkau memahami apa yang dimaksudkan hatinya. Sebab dalam persahabatan segenap pikiran, keinginan, dan harapan tumbuh dalam kebersamaan penuh kegembiran”.

8. “Dan dalam kemanisan persahabatan itu, biarkan tawa dan kebahagiaan saling mengisi jiwamu. Sebab dari tetesan embun pagi, hati manusia menghirup sang fajar dan menemukan kesegaran”.

Penutup

Nah, itulah beberapa kumpulan kata-kata bijak Kahlil Gibran yang sangat menyentuh hati.

cocok banget untuk dipakai quotes WhatsApp, Instagram, dll.

cukup sekian artikel pada kali ini, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂

Kategori: Sastra

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *